Selasa, September 01, 2009

AVERRHOA CARAMBOLA


Averrhoa Carambola, sebagian dari kita mungkin masih asing dengan nama latin tersebut tapi jika menyebut Buah Belimbing, siapa yang tak mengenalnya. Di kalangan internasional, buah Belimbing dikenal dengan sebutan Star Fruit, karena penampakannya jika dipotong secara horizontal menyerupai bintang.

Belimbing berasal dari India atau Srilangka dan dibudidayakan di Negara-negara kawasan Asia Tenggara, seperti Malaysia, Filipina serta Thailand. Selain di Asia Tenggara, Belimbing juga dikenal di Negara beriklim sub tropis lain, seperti Amerika dan Australia. Ini karena belimbing mudah tumbuh dengan baik di tempat dengan ketinggian 0-500 m di atas permukaan laut dengan curah hujan tinggi dan mendapat cukup cahaya matahari. Sedangkan di Indonesia sendiri, belimbing banyak dijumpai di daerah Demak, Jawa Tengah.

Buah belimbing dibedakan menjadi dua jenis, yang rasanya manis dengan bentuk bintang disebut belimbing manis, sedangkan yang rasanya lebih asam dan biasa digunakan untuk bumbu masakan adalah belimbing wuluh atau belimbing sayur (Avverhoa Bilimbi).

Dalam literature Tanaman Obat Indonesia (TOI) disebutkan bunga belimbing manis dapat digunakan sebagai antipiretik dan ekspektoran untuk mengatasi batuk pada anak-anak. Buahnya mengandung banyak Vitamin C dan memiliki khasiat sebagai antiinflasi, diuretic dan analgesic. Sehingga baik untuk penyembuhan batuk, sariawan, sakit tenggorokan, mengatasi demam, kencing manis serta kolesterol. Karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi, belimbing manis baik dikonsumsi untuk penderita kanker.

Sedangkan akar dari belimbing manis berkhasiat untuk menyembuhkan sakit kepala serta nyeri persendian, bagian daunnya pun dapat digunakan untuk mengatasi radang lambung, sebagai obat luar untuk radang kulit bernanah dan bisul.
Belimbing manis memang memiliki banyak khasiat, tetapi bagi orang-orang yang mempunyai masalah dengan ginjal sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsinya. Karena, di dalam buah belimbing manis terdapat banyak asam oxalic yang berbahaya bagi penyandang penyakit ginjal.[]




Sumber : Taman Wisata Mekarsari
Disunting oleh : Diah Arie S